Anthurium Reflexinervium

Posted by rizna at 9:53 PM

Thursday, April 24, 2008


Exotic's, Rare & Unusual Plants. Tanaman ini sama dengan tanaman2 dari genus araceae. Tetapi yang menjadikan tanaman ini eksotis, langka dan tidak umum adalah cara perkembangbiakannya yang sangat2 jarang/lama.

IAS ( International Aroid Society ) mengelompokan tanaman ini tanaman yang langka.


Langka : karena tidak banyak yang bisa membiakkannya dan jarang yang mengoleksinya.


Eksotis : karena tampilan tekstur daunnya yang bergelombang, menggeliat dan bercahaya.


Tidak umum : jarang sekali tanaman tersebut terlihat di pameran2 di negeri ini.


Tantangan baru bagi pe-hobbies anthurium ...
Ant. Reflexinervium memanjakan mata dan rasa....

Etymology : menunjuk kepada penarikan urat-urat yang tumbuh menyamping pada setiap helai daunnya. Pengelompokan : ANTHURIUM REFLEXINERVIUM ditempatkan pada kelompok PANCHYNEURIUM

Deskripsi : Jenis ephilithic dengan tangkai pendek dan pangkal yang dekat, daun-daun kaku menjulang saat masih pendek; berujung agak meruncing &/ tumpul; susunan daun merumpun seperti sarang burung; setiap daunnya sangat bergelombang dan saling lapis-melapisi ( bergelombang sambung menyambung ); berbunga (tongkol) sepanjang daun, spandik ( serbuk sari ??? ) disekeliling tongkol, berurutan, berwarna hijau pudar, berwarna hijau lembayung menuju hitam coklat kemerahan.

ANTHURIUM REFLEXINERVIUM mempunyai daun-daun yang sangat dramatis ( paling menonjol ) di kelompoknya. Jenis tersebut sudah berkembang sesuai lingkungannya dalam beberapa tahun terakhir ini. baru-baru ini Organisasi Aroid Internasional melelang 10 bibit sebagai keuntungan organisasi.
Rumornya : tumbuhan tersebut sangat sulit berkembang, kami (organisasi) mencoba mencari informasi yang lebih banyak tentang tempat tumbuh tanaman yang indah tersebut. Menjaga daunnya tetap kering akan menunjukkan bahwa tanaman tersebut tumbuh diatas karang dengan intensitas cahaya matahari yang cukup, seperti pada habitat aslinya.

Sumber : kebonkembang.com

0 comments: